Tips Untuk Mencegah Kebocoran Pada AC Split LG Inverter

No ratings yet.

Ac split lg inverter mengalami kebocoran di bagian unit indoor disebabkan talang penampung tersumbat. Penyebab lainnya karena pipa instalasi yang kotor, mengandung lumut dan tersumbat. Lumut memang bukan hal yang salah sebab selalu dalam kondisi lembab namun harus dibersihkan secara rutin.

Unit indoor AC telah dibuat sebagus mungkin bahkan dilengkapi talang  untuk menampung air yang berasal dari evaporator. Selanjutnya akan menuju pipa pembuangan, namun masalah bocor tetap saja bisa terjadi. Nah, berikut ada beberapa langkah agar terhindar dari kebocoran air pada AC.

Ikuti Langkah Berikut Agar AC Split LG Inverter Tak Bocor Air

  1. Lakukan service secara rutin

AC sebagai alat elektronik rumah tangga juga perlu di-service setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu dan harus dilakukan secara teratur. Minimal service ini bisa dilakukan sekali dalam 2 bulan. Selain  baik untuk perawatan dan kebersihan AC juga bisa mencegah AC mengalami masalah kebocoran air. Berbagai hal yang ingin diketahui tentang AC yang dipilih bisa ditanyakan langsung kepada distributor AC yang bersangkutan.

2. Jaga kebersihan alat filter

AC yang tak hanya berfungsi untuk mendinginkan suhu ruangan juga berfungsi untuk menyaring udara yang tak bagus sehingga menghasilkan udara yang sehat untuk organ pernapasan. Nah, inilah fungsi filter yang dipasang di AC sehingga jika ada debu ataupun bakteri yang masuk ke ruangan dilakukan penyaringan oleh bagian tertentu AC. Saat berada di toko AC tanyakan apakah AC tersebut memiliki alat filter. Alat filter ini juga perlu dibersihkan dan dijaga kebersihannya. Apalagi jika AC sering dinyalakan dan penggunaannya dalam jangka waktu yang lama. Waktu pembersihan bisa dilakukan minimal sekali dalam seminggu namun juga bisa disesuaikan dengan intensitas penggunaan.

3. Jaga kebersihan talang penampung air

AC yang sudah diberitahukan dari awal memiliki talang untuk menampung air dan ini juga harus dibersihkan secara teratur. Jika memang tak bisa membersihkannya sendiri, maka bisa meminta teknisi ataupun kontraktor AC untuk melakukannya. Pembersihan ini bisa dilakukan saat AC tersebut di service sekaligus selang atau pipa pembuangannya juga dibersihkan. Jika tersumbat maka tentu  saja AC bisa bocor dan airnya mengalir ke bagian yang lain.

Kebersihan AC sangat penting untuk diperhatikan dan cara menjaga kebersihannya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya untuk selalu menjaga udara dalam ruangan yang AC-nya menyala. Jika konsumen atau pengguna tak bisa melakukan pembersihan AC sendiri karena kurang paham atau karena hal lainnya. Maka silahkan meminta bantuan teknisi AC untuk melakukannya. Khususnya di bagian atau unit esensial dari AC harus dirawat dengan baik.

Meskipun mungkin sebagian berpikir kebocoran ini bukan masalah besar, namun jika tak ditangani sesegera mungkin tak nyaman digunakan. apalagi jika kotoran terus bertambah banyak juga bisa membuat AC rusak. Sekian artikel tentang 3 langkah untuk menghindari kebocoran pada ac split lg inverter, selamat mencoba.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian