2 Jenis AC Chiller dan Keunikan Fungsi Masing-masingnya

editor@acwahana on February 22, 2021

AC chiller merupakan perangkat pendingin yang sangat akrab di lingkungan komersial. Beberapa industri memanfaatkan chiller untuk mendinginkan ruangan dan menjaga mutu produk mereka. Artinya, perangkat ini melingkupi berbagai fasilitas industri termasuk industri yang bergerak di bidang makanan, mesin injeksi dan lainnya.

Dilihat dari media pendinginannya, chiller terbagi menjadi dua macam yakni AC berpendingin udara dan AC berpendingin air. Selain itu ada juga mesin pendingin yang memanfaatkan prinsip kerja penguapan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal jenis dan fungsi AC Chiller

  1. Absorption chiller

Merupakan mesin pendingin yang menggunakan sistem absorpsi uap. Chiller ini memiliki empat komponen utama yang membantu mengoptimalkan mesinnya. Dimulai dari generator, yang kemudian dilanjutkan pada kondensor, evaporator dan terakhir adalah absorber.

Absorption chiller mengandalkan energi kalor untuk mendinginkan air. Itulah mengapa mesin ini banyak digunakan di industri maupun pabrik karena sifatnya jauh lebih fleksibel. Chiller bisa digunakan sebagai pemanas di musim dingin dan pendingin ruangan saat musim panas.

Bila dibandingkan dengan chiller kompresi uap, penggunaan AC chiller ini jauh lebih efisien dan mudah. Prosesnya sendiri mengandalkan sistem termo-kimiawi bukan kompresi uap refrigeran.

Selain itu, absorption chiller juga memungkinkan pabrik untuk menghemat pengeluaran bahan bakar. Limbah yang dihasilkan dari mesin chiller ini masih tergolong rendah dan bisa diatasi.

2. Vapor compression chiller

Menggunakan AC water chiller untuk mengakomodasi kegiatan industri merupakan aktivitas normal yang biasa dilakukan di tanah air. Chiller memiliki jangkauan pendinginan lebih luas daripada AC biasa. Produk ini biasanya diistal untuk memenuhi kebutuhan komersial bukan tempat tinggal pribadi.

Salah satu jenis chiller yang banyak diburu pengusaha adalah vapor compression chiller. Chiller ini mampu diaplikasikan pada gudang berukuran besar, pabrik, gerbong KA dan industri lainnya.

Chiller kompresi uap memakai refrigeran cair untuk menyerap dan menyingkirkan kalor dari sebuah ruangan. Anda yang menggunakan vapor compression chiller akan menerima berbagai keuntungan berikut:

  • Perangkat lebih ekonomis

Membeli chiller baru untuk memenuhi kebutuhan industri menghabiskan banyak biaya. Harga chiller cukup mahal terutama jika Anda tertarik membeli produk unggulan. Khusus untuk chiller kompresi uap, produk ini dijual lebih terjangkau dari produk lainnya.

  • Teknologi mutakhir

Meskipun harganya cukup ekonomis, dari segi teknologi chiller kompresi uap tidak kalah modern dan mutakhir. Produk ini mudah dijalankan dan dirawat. Baiknya Anda periksa spesifikasi chiller sebelum memutuskan untuk membeli salah satu produknya. Makin banyak informasi yang ditemukan makin baik.

  • Dapat dijalankan dengan energi mekanik

Selain dioperasikan dengan energi listrik, chiller kompresi uap juga bisa dijalankan dengan mengandalkan energi mekanik seperti motor truk, air atau mobil.

Itulah beberapa hal menarik seputar jenis chiller pada industri. Setiap industri memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jenis AC chiller yang digunakan ikut menyesuaikan kebutuhan juga budget perusahaan.

Oleh: acwahana.com

preloader