4 Macam Jenis AC Ducting Beserta Keunikan Fungsinya

editor@acwahana on February 15, 2021

Saat memutuskan membeli AC ducting, Anda dihadapkan pada beberapa model atau jenis penyejuk udara modern dan termutakhir. Saking banyaknya AC yang ditawarkan, Anda mungkin bingung untuk memutuskan membeli unit yang mana. Mempermudah Anda memilih AC, kenali macam ducting AC berikut.

Macam-macam jenis AC Ducting dan fungsinya

  1. Ducting Fresh Air

Udara dingin bisa dihasilkan dari proses mixing udara atau 100% menggunakan udara segar dan bersih. Ketika Anda memilih membeli dan instalasi ducting fresh air, jenis udara yang didapatkan adalah 100% fresh air.

Penyejuk udara ini bekerja tanpa melakukan proses sirkulasi udara. Udara yang disalurkan dari mesin ke luar ruangan merupakan udara bersih dan steril. Tidak ada kontaminasi dari organisme dan debu.

Anda yang menjalankan bisnis di bidang makanan atau obat-obatan baiknya memilih jenis AC ini sebagai pilihan pertama. Untuk menjaga kualitas dan mutu produk, ducting fresh air adalah jenis mesin pendingin ruangan terbaik dan berkualitas.

2. Ducting Exhaust

Merupakan jenis AC ducting yang paling banyak digunakan di dapur, tempat parkir, toilet dan sebagainya. AC ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menyingkirkan udara panas terutama dari gedung atau ruangan yang sirkulasi udaranya buruk.

Menginstalasi ducting exhaust akan membuat ruangan pengap menjadi lebih segar bahkan saat udara sedang panas-panasnya. Di pabrik atau perusahaan, instalasi ducting exhaust biasanya dilakukan di kantor utama. Sehingga karyawan tetap terasa nyaman saat bekerja.

3. Split Duct

Instalasi split duct belakangan ini banyak ditawarkan oleh jasa pemasangan AC. Pengguna berbondong-bondong beralih pada penyejuk udara tersebut karena banyaknya kelebihan yang diberikan oleh penyejuk udara ducting.

Apa saja kelebihannya? Split duct memungkinkan pengguna merasakan kenyamanan saat menggunakan AC. Tidak ada suara bising yang mengganggu atau instalasi yang tidak rapi. Split duct juga membutuhkan perawatan yang minim dan mudah.

4. Ducting AC Central

Jika pemasangan ducting split banyak digunakan di rumah atau area perkantoran. Maka ducting AC central lebih sering dipakai di gedung komersial seperti pusat perbelanjaan, pabrik dan industri. Sistem yang disematkan pada ducting AC central memungkinkan ruangan mendapatkan udara sejuk dengan satu unit penyejuk udara.

Proses operasionalnya pun sangat mudah, karena dilakukan dari satu tempat saja. Yang turut membantu maintenance-nya lebih efisien. Kekurangan AC setara dengan kelebihannya. Di mana saat AC bermasalah, semua ruangan tidak akan mendapatkan udara dingin seperti biasanya.

Penting bagi pengguna AC central untuk melakukan perawatan dan perbaikan secara rutin. Sehingga kerusakan komponen dan error sistem bisa dihindari sejak awal.

Menggunakan AC ducting untuk memenuhi kebutuhan penyejuk udara sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Banyaknya permintaan, memaksa beberapa perusahaan untuk menciptakan variasi AC ducting. Di atas telah dijelaskan beberapa jenis ducting AC, silahkan Anda pilih salah satu yang paling memenuhi kebutuhan ruangan.

Oleh: acwahana.com

×

Hallo!

Klik kontak Whatsapp dibawah untuk chat dengan admin AcWahana

×
preloader