6 Penyebab dan Solusi Mengatasi Masalah Kelistrikan AC Chiller

editor@acwahana on May 3, 2021

Kelistrikan AC chiller merupakan bentuk operasional mesin bertenaga listrik yang digunakan untuk memenuhi fungsionalnya. Dalam beberapa kasus, kelistrikan chiller bisa mengalami problem. Mulai dari masalah paling sederhana hingga problem yang sangat besar.

Masalah kelistrikan chiller tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab utama mengapa masalah tersebut terjadi. Penasaran dan ingin mengetahui jawabannya? Simak informasi di bawah ini.

Apa saja penyebab problem kelistrikan AC Chiller?

  1. Kompresor Mati Mendadak

Salah satu masalah kelistrikan yang banyak dikeluhkan pengguna chiller adalah kompresor tidak terdeteksi. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja tanpa diprediksi bahkan pada chiller yang sering mendapatkan pemeliharaan.

Selain mati mendadak, beberapa kompresor chiller juga ditemukan tidak mau berjalan sama sekali. Bila sudah seperti ini, pengguna chiller wajib mengganti kompresor dengan yang baru.

2. Condenser Kotor

Masalah kelistrikan sistem AC chiller juga bisa terjadi pada condenser. Penyebabnya tentu saja penumpukan kotoran pada condenser atau area di sekitarnya. Yang bila tidak segera dibersihkan akan membentuk kerak.

Solusi terbaik mengatasi condenser kotor adalah membersihkan komponennya. Anda bisa menggunakan peralatan pembersih seperti air, cairan kimia atau sikat baja. Lakukan pembersihan dengan baik dan benar hingga semua kotoran terangkat.

3. Motor Terbakar

Ketika kompresor tidak berfungsi sebagaimana mestinya, chiller akan menemui banyak masalah baru. Salah satunya adalah motor terbakar. Motor terbakar tidak bisa diperbaiki begitu saja. Alangkah bijaksananya jika Anda mengganti produk ini dengan komponen terbaru.

4. Start Kapasitor Terbakar

Jasa pemasangan chiller hanya membantu pelanggan instalasi mesin. Sementara kerusakan pada beberapa komponen pasca pemakaian terjadi akibat pemeliharaan yang kurang. Dan salah satu komponen yang mudah rusak adalah start kapasitor.

Kondisi ini biasanya disebabkan karena differential kontrol diatur terlalu dekat tidak dengan jarak yang benar. Supaya terhindar dari kondisi ini, cek selalu kondisi start kapasitor ketika waktu perawatan datang. Guna memastikan, apakah jarak differential kontrol tetap sesuai atau berubah.

5. Evaporator Kotor/Penuh

Selain condenser, komponen lainnya yang mudah kotor akibat debu dan kotoran adalah evaporator. Sama seperti condenser, bersihkan komponen ini secara merata dan teratur agar tidak memicu pembentukan kerak.

Lakukan proses pembersihan dengan teknik yang tepat. Bila tidak sanggup melakukannya sendiri, hubungi layanan servis atau perawatan chiller. Biarkan evaporator kotor dibersihkan dengan teknik profesional oleh layanan berpengalaman.

6. Katup Kompresor Bocor

Kebocoran juga menjadi salah satu penyebab problem kelistrikan chiller. Kondisi ini membuat kompresor tidak dapat melakukan fungsinya 100%. Hindari kondisi ini dengan memonitoring kondisi kompresor. Dan ketika mengalami kebocoran, Anda bisa lekas mengatasinya.

Itulah beberapa penyebab problem kelistrikan chiller yang bisa terjadi pada siapa saja. Jika kondisi ini terjadi pada chiller Anda, segera ambil tindakan penyelamatan yang tepat. Entah dengan melakukan perbaikan kelistrikan AC chiller atau mengganti produk baru.

Oleh: acwahana.com

×

Hallo!

Klik kontak Whatsapp dibawah untuk chat dengan admin AcWahana

×
preloader