Kontraktor AC

Bagaimana Cara Membersihkan Air Cooled Chiller?

editor@acwahana on March 19, 2021

Pemakaian air cooled chiller jangka pendek atau panjang mempengaruhi kondisi mesin berikut penampilan fisiknya. Tanpa maintenance menyeluruh mesin tidak akan bekerja maksimal. Dan tanpa cleaning berkala, bodi chiller akan tampak kotor dan sangat berdebu.

Prosedur cleaning air cooled chiller

Setiap mesin pendingin memiliki banyak komponen yang bekerja secara berkelompok untuk mendistribusikan udara dingin ke ruangan. Masing-masing komponen tersebut membutuhkan perhatian yang sama besarnya. Mulai dari pembersihan secara fisik maupun service menyeluruh pada tiap komponennya.

Bicara tentang cleaning atau pembersihan chiller. Berikut ini proses pembersihannya:

  1. Lepaskan seluruh unit kontrol termasuk elemen listriknya

Pertama-tama, silakan Anda lepaskan terlebih dahulu unit kontrol chiller tidak terkecuali elemen listriknya. Proses pembongkaran ini penting guna membersihkan bagian dalam chiller termasuk melihat kondisinya.

2. Buat larutan pembersih

Tahapan kedua cleaning sistem water cooled chiller tidak lain membuat larutan pembersih. Anda bisa membuat larutan pembersihnya seorang diri dengan memanfaatkan dua bahan saja. Seperti soda api yang dilarutkan dengan air bersih secukupnya.

Larutan pembersih ini membantu menghilangkan kotoran dan mengangkat debu menyeluruh pada permukaan chiller. Sehingga debu maupun kotoran bisa terangkat sempurna tidak menempel lagi di bodi chiller.

3. Bersihkan kondensor dan komponen lainnya

Usai menyiapkan bahan pelarut, segera bersihkan kondensor dan komponen lainnya menggunakan bahan pelarut tersebut. Usai tahapan pembersihan awal usai, jangan lupa menyemprotkan air bersih untuk mengangkut bahan pelarutnya.

Lakukan penyemprotan secara menyeluruh termasuk ke sela-sela perangkat. Hingga tidak ada bagian chiller yang masih ter selimuti bahan pelarut atau kotor.

4. Keringkan chiller

Beberapa jasa pemasangan AC chiller menyarankan klien mereka untuk mengeringkan chiller secara alami. Menggunakan udara hingga seluruh bodi chiller kering sempurna tidak ada yang lembap.

5. Rakit kembali chiller

Bila seluruh tahapan di atas berjalan dengan lancar, langkah berikutnya cukup rakit kembali chiller. Hingga kembali seperti bentuk semula. Pastikan tidak ada bagian yang terlewatkan karena bisa mempengaruhi kinerja chiller.

6. Lakukan pengujian fungsional chiller

Proses cleaning bisa dianggap selesai setelah Anda memastikan chiller bisa berjalan dengan baik seperti biasanya. Silakan periksa pengaturan suhu dan tekanan, apakah keduanya berjalan dengan lancar dan normal?

Jika terjadi masalah, segera selesaikan problem tersebut. Jangan membiarkan atau menyepelekannya begitu saja.

Setelah menyimak informasi di atas, tidak sulit bukan membersihkan chiller? Proses pembersihan chiller berbeda dengan perawatan komponen. Anda hanya perlu menguasai cara pembersihan chiller dari awal sampai akhir.

Sementara untuk perawatan komponen jauh lebih sulit dan kompleks. Bila Anda tidak memahaminya sama sekali, silakan gunakan jasa servis chiller terpercaya.

Jasa servis chiller akan membantu Anda menjaga tiap komponen chiller dan memastikan semua perangkatnya berjalan seperti biasa.  Silakan hubungi jasa service air cooled chiller terpercaya di kota Anda untuk memperoleh perawatan optimal.

Oleh: acwahana.com

×

Hallo!

Klik kontak Whatsapp dibawah untuk chat dengan admin AcWahana

×
preloader