Cara Kerja AC Chiller Industri Lengkap Dengan Fungsinya

editor@acwahana on April 5, 2021

Sebagai pengguna AC chiller industri, tahukah Anda bagaimana cara kerja perangkatnya? Apakah cara kerja chiller sama seperti pendingin udara lainnya? Atau justru berbanding terbalik dan lebih istimewa? Simak informasi terlengkapnya berikut.

Bagaimana cara kerja AC chiller industri?

  1. Menyeimbangkan antara fungsi chiller dengan beban kerja

Chiller terdiri dari berbagai komponen unik yang membantu perangkat mengubah suhu ruangan dari panas ke dingin. Teknik operasional chiller tidaklah sulit. Anda hanya perlu memastikan chiller mendinginkan udara sesuai kapasitas yang dimilikinya.

Bila tidak familier dengan teknologi mesin ini. Pekerjakan operator handal yang sudah berpengalaman dalam mengoperasikan mesin chiller. Karena chiller bukanlah AC, perangkat ini memiliki sistem dan cara operasional yang lebih kompleks.

2. Memaksimalkan pemakaian inverter kulkas

Proses penyesuaian kecepatan kompresor AC chiller sentrifugal dilakukan secara alami dengan memanfaatkan perangkat inverter kulkas.

Alih-alih mengadopsi sistem sentrifugal kecepatan tetap, baiknya pilih produk yang dapat bekerja secara otomatis mengikuti kebutuhan frekuensinya.

Mengapa? Chiller sentrifugal kecepatan tetap justru menghabiskan energi lebih banyak. Karena kompresor didorong untuk bekerja lebih keras dari kapasitasnya.

3. Meningkatkan efisiensi pergantian kalor dengan mengurangi skala pipa

Mengetahui kontak jasa pemasangan chiller adalah kegiatan yang positif. Artinya, Anda memiliki kesadaran untuk menggunakan jasa profesional ketika melakukan pemasangan chiller.

Setelah chiller berhasil diinstal, pastikan perangkat bekerja dengan baik. Dengan cara meningkatkan efisiensi pergantian kalor dari evaporator maupun kondensor di samping terus mengurangi skala pipa penambahan airnya.

Pengolahan air yang tidak berjalan lancar akan membuat kinerja termal berkurang dan perlahan-lahan turut mempengaruhi efisiensi pertukaran kalor. Selain mengandalkan sistem pengolahan air, pastikan pipa chiller tetap berada dalam kondisi bersih setiap saat.

4. Memastikan AC chiller bekerja memenuhi seluruh persyaratan keselamatan

Chiller mungkin tidak tampak berbahaya seperti mesin gergaji atau mesin potong. Tapi bila perangkat tidak dijalankan dengan baik dan benar sesuai SOP, juga bisa menimbulkan bahaya yang besar.

Tingkatan bahaya akibat penggunaan chiller tergantung kondisi mesin chiller yang Anda gunakan. Industri yang menggunakan chiller anti ledakan, biasanya tidak mengalami kondisi seperti ini.

Mengapa? Karena sejak awal, chiller telah dilengkapi dengan komponen anti ledakan yang membantu penguapan zat ledak ketika terjadi gesekan. Kebalikan dari chiller biasa yang bisa rusak bahkan meledak kapan saja ketika mendapatkan rangsangan.

Di dunia ini, ada berapa jeniskah mesin pendingin atau penyejuk? Jawabannya sangat beragam. Mulai dari lemari es, AC biasa yang diinstal di rumah tangga dan juga chiller. Masing-masing mesin memiliki komponen yang beragam dengan fungsi yang bervariasi. Proses aplikasi atau cara kerja mesinnya pun tidak bisa disamaratakan.

Karena lemari es digunakan untuk mendinginkan makanan yang ada di dalam bodi mesin. Sementara AC chiller industri digunakan untuk mendinginkan seluruh area ruangan tanpa terkecuali. Semoga info beragam di atas memberi manfaat bagi Anda yang mau pasang AC chiller bagi industri.

Oleh: acwahana.com

×

Hallo!

Klik kontak Whatsapp dibawah untuk chat dengan admin AcWahana

×
preloader