Kontraktor AC

Cara Kerja AC Chiller Water System dan Keuntungan Pemakaiannya

editor@acwahana on February 5, 2021

Pemanfaatan AC chiller water system sebenarnya telah dilakukan sejak lama tepatnya tahun 1920. Sejak dahulu, sistem pendingin udara ini digunakan untuk mengakomodasi kebutuhan pendinginan gedung berukuran besar. Sehingga gedung sebesar apa pun bisa tetap dingin meski udara di luarnya sangat panas.

Sekilas tentang cara kerja AC chiller water system

Semakin lama, teknologi chiller water system semakin berkembang dan modern. Banyak perusahaan elektronik yang berhasil mengembangkan produk-produk baru dengan mekanisme kerja yang lebih ditingkatkan.

Lantas, bagaimana mekanisme kerja dari mesin tersebut?

Cara kerja perangkat ini cukup unik dan rumit karena bukan hanya satu komponen saja yang digunakan tapi beberapa komponen. Teknologi cooling coil yang terdapat pada mesin chiller menyerap panas ruangan. Selanjutnya, panas tersebut ditransfer ke refrigeran sekunder untuk diantarkan menuju thermal storage tank.

Di tangki ini, air hangat akan bertemu dengan air dingin kemudian dimix menjadi satu sebelum dikembalikan lagi ke cooling coil. Di sisi lainnya, evaporator menyerap panas air campuran untuk mengubahnya menjadi uap. Tahukah Anda jika dalam mekanisme AC water chiller, evaporator memiliki peran yang sangat krusial?

Kompresor ini membutuhkan dan menggunakan energi yang sangat tinggi guna memindahkan air kondensor ke udara. Sehingga lingkungan atau ruangan yang awalnya bersuhu tinggi berubah secara bertahan menjadi lebih dingin dan sejuk.

Keuntungan gunakan chilled water system

Menggunakan perangkat pendingin ini sebenarnya hampir sama seperti memakai AC perumahan. Bagaimana pun mekanisme kerjanya, chiller digunakan untuk mendinginkan udara.

Tapi berbagai dari hunian tempat tinggal, chiller lebih cocok digunakan untuk ruangan berukuran besar. Transfer udara dingin yang dilakukan AC chiller jauh lebih tinggi daripada kipas angin atau AC split.

Berikut ini keuntungan menginstal chiller:

  1. Hemat biaya

Sebuah gedung besar membutuhkan lebih dari satu unit AC split atau kipas angin untuk memenuhi kebutuhan pendinginan. Yang mana membutuhkan biaya besar dan tenaga yang banyak.

Berbanding terbalik jika Anda install chiller yang jangkauan transfer udaranya lebih luas. Cukup dengan beberapa unit chiller, sejumlah ruangan di gedung bertingkat bisa merasakan udara dingin yang sama besarnya.

Langkah ini jauh lebih baik dari segi finansial karena bisa menghemat budget. Harga chiller mungkin tidak murah tapi melihat fungsi, manfaat dan usianya. Menggunakan chiller jauh lebih baik.

2. Memenuhi fungsional pendinginan gedung berukuran besar

Sebuah gudang penyimpanan bahan makanan wajib difasilitasi dengan mesin pendingin untuk menjaga kualitas bahan makanan. Menggunakan chiller akan membantu menjaga kualitas makanan secara keseluruhan bukan hanya berpusat pada satu titik saja.

Hal yang sama juga bisa diterapkan pada industri lainnya, bukan hanya industri makanan saja.

Demikianlah info menarik seputar mekanisme kerja juga keuntungan menggunakan chiller. Dari sekian banyak jenis chiller, AC chiller water system bisa Anda pertimbangkan untuk mengisi kekosongan mesin pendingin industri.

Oleh: acwahana.com

preloader