Kontraktor AC

Fungsi Condenser AC Chiller dan Jenis Condensernya

editor@acwahana on April 16, 2021

Apa itu condenser AC chiller? Condenser chiller merupakan serangkaian proses cooling yang dalam prosesnya terjadi dalam dua mekanisme. Pertama memanfaatkan chiller water dan berikutnya DX coil. Selengkapnya mengenai fungsi condenser chiller simak di bawah ini.

Fungsi condenser AC chiller

Apa saja fungsi condenser chiller? Apakah perannya tidak bisa digantikan dari item lainnya? Condenser merupakan komponen unik yang berfungsi untuk mengubah wujud refrigeran dari awalnya berbentuk gas menjadi likuid.

Tahukah Anda, jika pada proses pergerakan kompresor menuju condenser terdapat beberapa jenis kalor yang terbentuk?

Setidaknya ada 4 jenis kalor yang terbentuk dari proses ini meliputi:

  • Kalor yang dicerna dengan sempurna oleh evaporator untuk membantu proses penguapan cairan refrigeran
  • Selanjutnya adalah panas yang diserap guna mengurangi suhu cairan refrigeran. Menjadi suhu evaporating dari suhu awalnya, suhu condensing.
  • Kalor yang difungsikan guna mengompresi gas yang diteruskan oleh evaporator.
  • Dan terakhir adalah kalor yang berada di silinder chamber setelah proses pengisapan optimal.

Itulah beberapa tahapan pembentuk kalor pada sistem AC chiller lebih tepatnya aktivitas yang terjadi pada condenser.

Jenis condenser berdasarkan cooling medium

Bicara mengenai condenser rasanya belum lengkap jika tidak membahas jenis-jenisnya. Dilihat dari cooling mediumnya, condenser terbagi atas 3 kategori meliputi:

  1. Water Cooled Condenser

Merupakan salah satu condenser yang paling sering digunakan pada chiller. Agar sistem bisa bekerja secara optimal, perangkat membutuhkan banyak air.

Alasan utamanya karena komponen ini bekerja mendinginkan perangkat menggunakan air. Uniknya, air yang digunakan tidak harus selalu air baru. Pengguna bisa menggunakan air daur ulang menyesuaikan saja dengan kebutuhan mesinnya.

Salah satu keuntungan menggunakan condenser ini adalah konsumsi energi listrik yang minim. Pasca instalasi oleh jasa pemasangan chiller usai, Anda tidak perlu direpotkan dengan biaya listrik yang membengkak. Usia kompresor ini juga terbilang sangat lama.

Supaya kompresor bisa digunakan secara optimal, lakukan pemeliharaan rutin. Baik secara mandiri maupun menggunakan jasa servis profesional.

2. Air Cooled Condenser

Merupakan condenser chiller yang mengutamakan udara sebagai komponen pendinginnya. Produsen pendingin udara umumnya memanfaatkan condenser ini untuk membuat perangkat pendingin rumah tangga. Meskipun tidak mustahil juga diaplikasikan oleh gedung perkantoran maupun fasilitas komersil lainnya.

3. Evaporative Condenser

Kondenser ini mengolaborasikan water cooled condenser dan water tower untuk melakukan fungsinya dengan baik.  Apa keuntungan memanfaatkan condenser ini?

Setidaknya mesin chiller bekerja lebih ringan. Tidak hanya itu saja, condenser ini juga hemat energi dan ramah lingkungan.

Dari ketiga jenis condenser yang telah dijelaskan di atas, mana yang menurut Anda paling bagus dan menguntungkan? Masing-masing condenser memiliki fungsi, tujuan dan konsep yang beragam.

Sebelum membeli chiller, silakan tanyakan jenis condenser apa yang ditanamkan pabrikan pada perangkat pendingin tersebut. Makin dini Anda mengetahui jenis condenser AC chiller yang dipakai maka makin baik.

Oleh: acwahana.com

×

Hallo!

Klik kontak Whatsapp dibawah untuk chat dengan admin AcWahana

×
preloader