Distributor AC

Fungsi dan 5 Cara Menambah Freon AC Chiller Pada Pendingin

editor@acwahana on April 14, 2021

Tidak punya pilihan selain mengoperasikan chiller secara teratur membuat Anda memahami dengan baik bagian mesin termasuk freon AC chiller. Namun tidak banyak yang tahu jika freon juga digunakan pada lemari es rumah tangga, AC mobil hingga AC rumah konvensional

Fungsi dan pengertian freon AC chiller

Apa itu freon?

Freon merupakan komponen berbentuk gas yang sengaja ditambahkan untuk meningkatkan kinerja mesin pendingin. Pada water chiller, gas freon dimasukkan pada kompresor chiller dengan memanfaatkan manifold set. Sehingga tekanan freon yang tercipta sesuai dengan kebutuhan pendinginan chiller.

Sayangnya, fungsi dan kinerja freon chiller tidak banyak dipahami oleh masyarakat bahkan pengguna mesinnya. Padahal mesin chiller digunakan hampir pada semua bidang usaha terutama bisnis yang membutuhkan penjagaan suhu dingin.

Agar produk yang tersimpan dalam gudang atau ruangan lainnya tetap terjaga kualitasnya. Tidak basi, rusak atau kehilangan mutunya. Kondisi ini menghindarkan Anda dari kerugian finansial atau modal produksi.

Cara menambah freon AC

Sistem AC chiller tanpa freon yang bagus tidak akan berjalan lancar. Komponen ini harus dijaga dengan sangat baik. Kekurangan freon pada chiller menandakan kebocoran sistem pendingin yang bila tidak segera diperbaiki dapat mengurangi kadar freon pada chiller.

Segera temukan ruang kebocoran sehingga bisa segera diperbaiki. Lakukan pengelasan pada sistem yang bocor. Namun pastikan terlebih dahulu jika tidak ada sisa freon yang tertinggal dalam chiller.

Ketika kebocoran sistem pendingin sudah diatasi, isi kembali freon chiller dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Pasang selang pada pentil pengisian freon

Pertama-tama silahkan ambil dua buah selang untuk dipasang pada pentil pengisian freon dan tabung freonnya.

2. Buka tutup kran nepel

Selanjutnya, silahkan buka tutup kran nepel pada outdoor unitnya. Dan ambillah kunci L untuk mengubah posisi klep dengan memutarnya ke arah kanan.

3. Operasikan AC berbarengan dengan melepaskan selangnya

Sebelum berpikir tentang pengisian freon chiller, mereka yang baru belanja chiller umumnya memanfaatkan jasa pemasangan chiller. Pemasangan oleh ahlinya memang lebih baik dan ideal daripada memaksa pasang sendiri.

Kembali lagi pada pembahasan sebelumnya, usai membuka tutup kran nepel silahkan jalankan chiller sekaligus melepaskan selangnya. Selang yang dilepaskan adalah selang yang terhubung pada pentil pengisian freon.

4. Pasang selang pada manifold

Setelah selang dilepaskan selama beberapa saat sehingga pasang kembali pada tempat semulanya, manifold. Gunakan kunci L untuk melakukan tugas tersebut.

5. Isi freon secara bertahap

Lakukan pengisian freon secara bertahap dengan memutar kran manifold-nya ke kiri. Pastikan kadar freon yang Anda isi sesuai dengan kebutuhan chiller.

Demikianlah step by step pengisian freon pada AC chiller. Masih bingung? Jika ya, silahkan minta bantuan jasa servis atau perawatan untuk melakukan kegiatan ini. Dengan bantuan ahlinya, freon AC chiller yang sangat penting akan terisi penuh sesuai kebutuhan mesin.

Oleh: acwahana.com

×

Hallo!

Klik kontak Whatsapp dibawah untuk chat dengan admin AcWahana

×
preloader