Fungsi Kompresi AC Chiller dan Macam-macam Kompresornya

editor@acwahana on April 19, 2021

Memahami AC chiller artinya memahami berbagai fungsi atau proses kinerja mesinnya. Salah satunya adalah proses kompresi yang prosesnya dilaksanakan dengan beberapa aspek. Mulai dari absorpsi, ejektor, gaya sentrifugal dan juga positive displacement.

Fungsi kompresi pada AC Chiller

Masing-masing cara pelaksanaan kompresi memanfaatkan item-item yang berbeda. Seperti positive displacement yang memanfaatkan piston atau kompresor torak. Atau ejector yang lebih memilih memakai steam-jet.

Tapi dari keempat cara yang telah disebutkan di awal, positive displacement dan gaya sentrifugal merupakan pilihan utama. Positive displacement umumnya disematkan pada mesin refrigasi kapasitas kecil ke menengah. Sementara gaya sentrifugal lebih familier dengan mesin refrigasi kapasitas besar.

Lantas, bagaimana dengan fungsi kompresor sebagai salah satu sistem AC chiller? Apakah komponen ini memiliki fungsi sentral yang mempengaruhi kinerja pendingin udara?

Fungsi utama kompresor adalah meningkatkan tekanan gas refrigeran dari evaporator. Sehingga kadar isapannya sesuai dengan level tertentu baru kemudian didistribusikan ke kondensor. Setelah itu, kondensor gas bertekanan dan suhu tinggi akan dikondensasi dalam kondensor.

Tahukah Anda jika mesin refrigasi tekanan kecil umumnya mengadopsi atau menggunakan konsep air cooled condenser? Entah itu menggunakan kipas atau tidak menggunakannya.

Sementara mesin refrigasi tekanan lebih besar mengutamakan konsep water cooled condenser. Agar hasilnya lebih optimal, produsen mengombinasikannya dengan cooling tower.

Macam-macam kompresor berdasarkan motor listrik

Kebalikan dari jasa pemasangan chiller yang mengenal dengan sangat baik apa itu kondensor atau kompresor. Masyarakat awam tidak banyak memiliki wawasan mengenai bidang ini.

Agar tidak ketinggalan informasi, kenal lebih dekat macam-macam kompresor pada chiller berikut ini:

  • Independet/Open Type

Ada alasan mengapa disebut sebagai kompresor terbuka. Mengapa? Karena kompresor ini bisa dibuka tutup dengan mudah terutama saat waktu pemeliharaannya.

Selain perawatan yang mudah, kompresor tipe ini juga hemat biaya operasional. Desain dan ukurannya juga sangat beragam, pembeli bisa belanja open type kompresor sesuai kebutuhan mereka.

  • Semihermetic

Disebut demikian karena tidak semua komponen kompresor dapat dilepas dan dirawat sesuai kebutuhannya. Konsep desain kompresor ini sangat bertolak belakang dengan kompresor pertama yang tipe terbuka.

  • Hermetic

Dan penawaran terakhir adalah kompresor hermetic yakni komponen terbungkus rapat oleh cangkang. Salah satu perbedaan antara open type dan hermetic terdapat pada biaya produksinya.

Kompresor ini membutuhkan biaya produksi lebih sedikit daripada kompresor open type. Penggunaan yang tidak cakap juga memungkinkan kompresor mudah rusak dan harus diganti secara berkala. Jika Anda ingin chiller bekerja secara alami dan optimal saat dioperasikan.

Selama ini kita hanya mengenal chiller sebagai salah satu unit pendingin ruangan. Yang digunakan setiap hari untuk memenuhi kebutuhan industri.

Pernahkah Anda bertanya-tanya, apa itu chiller dan komponen-komponennya? Tidak terkecuali kondensor atau kompresor yang masih satu item dan tidak bisa dipisahkan dari AC chiller.

Oleh: acwahana.com

×

Hallo!

Klik kontak Whatsapp dibawah untuk chat dengan admin AcWahana

×
preloader