Kontraktor AC

Ini Dia Alat Pengontrol AC Chiller yang Penting Bagi Refrigeran

editor@acwahana on March 17, 2021

Selain sistem utama, chiller juga terdiri dari alat bantu dan alat pengontrol AC chiller. Tambahan alat pengontrol pada chiller sangat penting guna mengatur arus refrigeran sehingga bisa bekerja secara normal setiap saatnya.

Mengenal komponen bantu chiller merupakan tindakan bijaksana. Tandanya Anda sangat menghargai mesin pendingin tersebut lebih dari orang biasa. Namun selain komponen bantu, masih ada alat pengontrol chiller berikut yang harus Anda perhatikan.

Ketahui macam-macam alat pengontrol AC Chiller

  1. Manometer

Merupakan salah satu alat ukur chiller yang berfungsi untuk mengukur tekanan. Monometer terdapat pada beberapa bagian chiller termasuk saluran pengeluaran kompresor maupun akumulator.

Selain kedua alat tersebut, monometer juga terdapat pada kondensor, saluran minyak pelumas hingga tangki penampung. Karena fungsinya tersebut, pemasangan monometer sangatlah penting. Lakukan perawatan supaya manometer dapat bekerja optimal. Tidak mengalami gangguan kecil bahkan besar.

2. Termometer

Alat ukur selanjutnya yang terdapat pada chiller adalah termometer. Sudah jadi rahasia umum jika termometer merupakan sistem AC chiller yang berfungsi sebagai pengukur temperatur.

Termometer membantu pengukuran suhu ruang pendingin, refrigeran saluran hisap, median pendingin kondensor dan sebagainya. Karena suhu adalah aspek terpenting dalam chiller, keberadaan termometer sangatlah penting. Perawatan komponen ini juga penting, tidak boleh dilewatkan begitu saja.

3. Saklar Tekanan Tinggi/ Saklar Tekanan Rendah

Selain alat ukur, alat pengontrol chiller berikutnya tergabung sebagai alat pengaman. Peralatan ini mengamankan mesin dari eror operasional ketika dinyalakan. Alat pengaman pertama adalah saklar tekanan tinggi dan saklar tekanan rendah.

Saklar tekanan tinggi merupakan saklar listrik yang bisa menonaktifkan kompresor secara otomatis. Terutama di saat tekanan pengeluaran kompresor lebih besar dari batas normalnya.

Sementara saklar tekanan rendah merupakan saklar otomatis yang cara kerjanya mengikuti tekanan hisap kompresor. Aliran listrik pada motor penggerak kompresor akan mati secara otomatis ketika tekanan hisap terlalu rendah.

4. Saklar Temperatur

Apa jasa pemasangan chiller juga mempelajari saklar temperatur? Mereka mempelajari komponen ini dengan sangat baik. Karena saklar temperatur berfungsi otomatis ketika suhu ruangan mencapai temperatur yang diinginkan.

Termostat langsung menonaktifkan kompresor di saat ruangan memperoleh suhu pendingin sebagaimana mestinya.

5. Saklar Tekanan Minyak Pelumas

Dan alat pengaman terakhir bekerja untuk menonaktifkan kompresor secara otomatis ketika tekanan minyak di kompresor terlalu minim. Tahukah Anda jika alat ini memiliki dua diafragma. Diafragma ini tidak bekerja sesuai kehendaknya sendiri melainkan mengikuti arahan tekanan minyak pelumas.

Mempelajari informasi mendetail mengenai alat pengontrol chiller tidak pernah terasa menjemukan. Karena tanpa Anda sadari, penggunaan chiller jauh lebih besar daripada mesin lainnya. Utamanya dalam melakukan kegiatan produksi entah di home industri maupun perusahaan besar.

Bekali diri Anda dengan informasi-informasi menarik seputar chiller. Semakin banyak tahu semakin bagus. Tanpa terkecuali mempelajari alat pengontrol AC chiller yang selalu berfungsi sejalan ketika mesinnya dinyalakan.

Oleh: acwahana.com

×

Hallo!

Klik kontak Whatsapp dibawah untuk chat dengan admin AcWahana

×
preloader