AC Sentral

Ini Dia Panduan Perawatan AC Central Agar Mesinnya Awet

editor@acwahana on March 3, 2021

Merawat AC central mungkin sudah biasa Anda lakukan karena tanggung jawab operasional mesin berada di tangan Anda. Lantas, sudah benarkah cara perawatan yang Anda lakukan selama ini? Berikut ini beberapa panduan penting tentang cara melakukan perawatan jenis pendingin udara central.

Panduan perawatan AC Central

  1. Persiapkan AC

Merawat mesin jauh lebih sulit dari merawat diri sendiri. Salah mengambil tindakan sedikit saja, mesin bisa bermasalah dan kerusakan menjadi semakin parah. Menghindari kondisi tersebut, silakan Anda persiapkan diri sebaik mungkin.

Pertama-tama, siapkanlah peralatan perawatan yang dibutuhkan seperti lap dan cairan pembersih juga kompresor udara. Selanjutnya, bacalah instruksi perawatan mesin yang tertulis di buku petunjuk. Atau minta pendampingan dari ahi mesin.

2. Perbaiki dan rawat bagian terluar mesin

Apa komponen AC chiller yang wajib dirawat pertama kali? komponen tersebut adalah bagian terluar mesin. Anda bisa membersihkan bagian luar mesin yang tampak kotor dan berdebu menggunakan cairan pembersih. Lakukan hal yang sama untuk membersihkan evaporator dan filter udara.

Sedangkan bagian mesin yang rusak seperti pipa, bisa Anda perbaiki terlebih dahulu atau diganti dengan pipa baru. Mempertahankan komponen chiller yang bermasalah hanya akan membebani kerja mesin dan membuat chiller tidak berfungsi.

3. Lakukan perawatan berdasarkan sop

Jika mengikuti SOP, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah pembongkaran mesin. Setelah mesin dibongkar, mesin akan dibersihkan menggunakan vakum hingga tidak ada bagian yang berdebu atau kotor.

Alat yang mengalami kerusakan atau kegagalan fungsi, bisa diperbaiki atau lekas diganti dengan unit yang baru. Usai memasang komponen baru, lanjutkan dengan reinstal. Cara ini efektif untuk melihat performa mesin akan sudah bekerja secara optimal atau tidak.

Untuk hasil yang optimal, lakukan pengecekan mesin AC air chiller secara berkala. Luangkan waktu sebanyak mungkin untuk mengecek satu persatu komponen mesin. Sehingga tidak ada bagian yang terlewatkan.

4. Lakukan evaluasi

Merawat chiller tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Jika Anda tidak mumpuni di bidang ini, baiknya minta bantuan dari teknisi profesional untuk mendampingi atau melakukan perawatannya.

Meskipun membayar teknisi profesional lebih mahal daripada merawat mesin seorang diri. Langkah ini jauh lebih baik untuk menghindari kerusakan komponen mesin akibat human eror.

Selama mesin dirawat, catat perkembangan tiap komponennya dengan cermat. Pastikan semua komponen memiliki catatannya masing-masing. Ini dibutuhkan guna mengetahui kondisi terkini mesin dan mempersiapkan anggaran jika dibutuhkan perangkat baru di masa depan.

Terakhir, buat laporan pemeriksaan. Laporan ini penting untuk diserahkan pada atasan Anda. Terkecuali jika Anda yang menjalankan industri dan memiliki chiller tersebut. Anda bisa membuat catatan untuk dibaca dan dicermati seorang diri.

Apakah sulit merawat chiller? Merawat chiller bisa saja sulit jika Anda benar-benar asing dengan perangkat ini. Tapi dengan bantuan tenaga ahli, perawatan AC central yang sulit pun bisa dijalani dengan baik dan cepat.

Oleh: acwahana.com

×

Hallo!

Klik kontak Whatsapp dibawah untuk chat dengan admin AcWahana

×