Kontraktor AC

Jenis-Jenis Fan Pada Mesin AC FCU

adminac on November 24, 2020
Istilah dan pembahasan mengenai AC FCU bisa sangat kompleks. Tergantung dari aspek mana Anda ingin membahasnya. Untuk pembahasan sederhana, ada beberapa unit atau kajian ilmu FCU yang bisa Anda temukan. Salah satunya tentang jenis kipas yang digunakan untuk mengoperasikan mesin tersebut. Jenis-jenis fan AC tanpa fan tidak bisa bekerja dengan baik. Pada prinsipnya ada dua tipe fan yang umum digunakan yakni fan aksial dan sentrifugal. Agar lebih memahami tentang masing-masing kipas tersebut, simak informasi lengkapnya di bawah ini:
  1. Fan Aksial
Ada tiga jenis fan yang termasuk pada fan aksial. Masing-masing fan memiliki ciri khas dan kelebihan tertentu.
  • Aksial Tabung
Hal unik yang bisa Anda temukan pada tipe fan ini adalah aliran udara yang dihasilkannya cenderung tinggi. Sementara untuk tekanannya cenderung ke medium. Aksial tabung fan paling sering digunakan untuk HVAC. Fan ini memiliki housing silinder yang bilah kipasnya berperan dengan aktif untuk menambah aliran udara.
  • Aksial Baling-baling
Baik itu efisiensi maupun pressure, keduanya sama-sama tinggi. Sementara untuk aliran udaranya, aksial baling baling menghasilkan aliran medium. Bila diperhatikan secara seksama, tipe fan ini hampir sama seperti aksial tabung. Produk ini juga banyak digunakan untuk HVAC.
  • Baling-baling
Meski sudah mengenal dua tipe fan, masih banyak orang yang bertanya-tanya apa itu FCU? Perangkat pendingin udara ini juga memiliki fan berbentuk baling-baling. Tekanan yang diberikan adalah tekanan  dan efisiensi rendah dengan aliran udara tinggi. AC dengan penggunaan fan baling-baling paling sering dilakukan di suhu sedang.
  1. Fan Sentrifugal
Sedikit lebih banyak dari fan aksial, tipe kedua ini memiliki 4 jenis kipas yang berbeda:
  • Mundur Melengkung
Merupakan jenis fan yang paling banyak digunakan untuk AC industri atau HVAC. Energi yang dihasilkan dari pengolahan kipas ini cukup efisien sementara untuk aliran dan tekanannya cukup tinggi.
  • Radial
Tipe FCU sentrifugal juga memiliki jenis fan radial. Fan ini memiliki banyak kelebihan yang membuatnya sangat populer mulai dari menolerir kotoran hingga menjaga kelembaban udara. Masalah paling sering dihadapi saat menggunakan jenis fan ini adalah konsumsi energi listrik membengkak. Semakin lama fan radial beroperasi maka semakin tinggi pula daya listrik yang digunakan.
  • Airfoil
Energi listrik yang dicerna saat kipas airfoil bekerja tidak terlalu banyak. Kelebihan lain dari produk ini mampu memfilter udara dengan sangat baik. Sehingga udara yang berhembus ke luar merupakan udara bersih dan segar.
  • Maju Melengkung
Cocok untuk menolerasi debu sehingga bisa ditempatkan pada lingkungan aktif seperti pabrik atau gudang. Konsumsi daya listrik pada fan ini sama buruknya seperti fan radial. Itulah beberapa jenis fan yang bisa digunakan pada perangkat AC, cocok dijadikan sebagai kajian ilmu pengetahuan.  Karena sebagai pengguna AC FCU, Anda mungkin kurang familier dengan seluruh jenis fan-fan tersebut.   Oleh: acwahana.com
×

Hallo!

Klik kontak Whatsapp dibawah untuk chat dengan admin AcWahana

×
preloader