Pengertian dan 3 Fungsi AC Chiller Industri Pada AC Ducting

editor@acwahana on March 8, 2021

AC chiller industri adalah penyejuk udara yang sengaja diinstalasi untuk memenuhi kebutuhan industri. Berbeda dari AC rumah tangga, chiller memiliki kekuatan mendinginkan lebih tinggi. Chiller sengaja dibuat untuk mendinginkan ruangan tertentu terutama yang membutuhkan suhu rendah untuk mempertahankan mutu produk.

Pengertian AC Ducting

Sebuah penyejuk udara bisa melakukan fungsinya sebagai pendingin ruangan karena dilengkapi oleh komponen ducting. Seluruh komponen tersebut bersinergi untuk mengubah udara panas menjadi udara dingin. Dalam sistem ducting AC, komponen yang dibutuhkan adalah blower atau fan unit.

Tanpa bantuan fan unit, pendingin udara ducting tidak bisa melakukan tugasnya dengan sempurna. Sirkulasi udara tidak terjadi dengan lancar dan udara yang berhembus masih udara hangat.

Sementara ruangan membutuhkan udara dingin untuk menjaga produk di dalamnya tetap bermutu. Tidak berbau tidak sedap atau berubah warna karena terjadi proses pembusukan. Pembusukan yang akan merugikan perusahaan sekaligus mengurangi profit perusahaan.

Fungsi dan sistem AC chiller industri pada AC Ducting

Sebelumnya telah dijelaskan, apa itu AC ducting. Agar Anda lebih memahami penyejuk udara industri, simak variasi fungsinya di bawah ini:

  1. Supply Air

Bila diartikan secara harfiah, supply berarti suplai atau mentransfer. Lantas, apa yang dimaksud dengan fungsi supply air? merupakan proses penyaluran udara dingin ke setiap ruangan yang terkoneksi dengan penyejuk udara.

Udara sejuk akan dihembuskan merata ke setiap ruangan sehingga suhu ruangan yang awalnya naik akibat ventilasi yang kacau atau terik matahari. Secara perlahan-lahan akan menjadi lebih sejuk dan dingin.

Fungsi supply air pada AC chiller ini terjadi secara berulang-ulang tidak pernah putus selama AC dinyalakan.

2. Exhaust Air

Sementara exhaust air adalah sistem penyejuk udara yang mengutamakan pergantian udara. Dari yang awalnya udara panas berubah menjadi udara dingin. Proses ini memungkinkan setiap ruangan memiliki udara dingin sesuai kebutuhannya masing-masing.

Pergantian seperti ini sebenarnya sistemnya hampir sama seperti udara dingin yang berasal dari angin. Saat Anda membuka jendela atau pintu, udara pengap dan panas yang terdapat di dalam ruangan berangsur-angsur menjadi lebih sejuk dan menyegarkan.

3. Fresh Air

Selain memperkenalkan exhaust air dan supply air, jasa pemasangan chiller juga menjelaskan pentingnya fungsi fresh air. Fresh air adalah proses suplai udara yang diambil dari luar.

Untuk dapat menjalankan sistem ini, penyejuk udara membutuhkan bantuan dari beberapa komponen. Komponen yang diinstal saling berhubungan untuk menghasilkan sistem fresh air. Jenis udara yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

Itulah pengertian dan fungsi dari ducting AC salah satu penyejuk udara yang banyak diaplikasikan untuk industri. Penting bagi pengguna memahami perbedaan fungsi penyejuk udara sehingga bisa memilih produk yang tepat sebelum memutuskan untuk membeli perangkatnya.

Di pasaran, AC chiller industri tidak sulit ditemukan bahkan perangkat ini banyak diburu terutama oleh pabrik dan industri lainnya.

Oleh: acwahana.com

×

Hallo!

Klik kontak Whatsapp dibawah untuk chat dengan admin AcWahana

×
preloader