Sistem AC AHU dan Jenis Gangguan Pada Desainnya

editor@acwahana on February 8, 2021

AC AHU memegang kendali penuh dalam pengendalian suhu, pergerakan aliran udara bahkan kesegarannya. Mesin ini banyak digunakan di industri farmasi, industri makanan dan sejumlah industri lainnya. Guna memantau dan memenuhi kebutuhan pendinginan ruangan sehingga produk yang tersimpan di dalamnya tetap terjaga.

Pengertian sistem tata udara dan jenisnya

AHU terdiri dari beberapa komponen yang membentuk sebuah sistem. Setiap item atau komponen memiliki fungsi dan kemampuan yang berbeda-beda. Selengkapnya tentang jenis komponen AHU simak berikut ini:

  1. Evaporator

Secara sederhana Anda bisa menganggap evaporator sebagai pengubah air menjadi uap. Cara kerja peralatan ini hanya berpusat pada penukaran kalor atau pemisahan uap dari likuid.

2. Ducting

Merupakan saluran udara yang mentransfer udara dari fan ke ruangan di sekitarnya. Ducting tidak bekerja secara mandiri, melainkan bekerja sama dengan blower untuk menghasilkan udara dingin.

3. Blower

Merupakan bagian sistem tata udara yang dijalankan untuk menggerakkan udara yang melintas di sekitarnya. Peralatan canggih ini menggunakan prinsip perubahan dari energi listrik ke gerak. Frekuensi pergerakan blower AC chiller AHU yang satu dan lainnya bisa saja berbeda tergantung mutu produk yang digunakan.

4. Dumper

Merupakan alat pengatur debit udara yang masuk ke suatu ruangan. Anda bisa mengatur berapa suhu dingin yang diinginkan untuk sebuah ruangan dengan menyetel dumper karena tidak semua ruangan membutuhkan suhu yang sama.

5. Filter

Merupakan pengontrol atau pengendali yang akan menyaring udara dari microorganism berbahaya. Tipe filter AHU sangat beragam, Anda bisa menggunakan HEPA filter yang kemampuan filter udaranya hingga 99,997%. Sementara pre-filter hanya mampu menyaring udara sebesar 35% saja.

Jenis gangguan yang berhubungan dengan desain AC AHU

Setelah mempelajari jenis-jenis komponen AHU, berikutnya Anda bisa belajar mengenai macam-macam problem desain AHU yang sering dihadapi industri:

  • Sirkulasi udara

Karena berkontribusi penuh terhadap penyaluran udara, AHU memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga sirkulasi udara tetap normal. Sayangnya karena beberapa penyebab, terkadang AHU mengalami eror sehingga menyebabkan sirkulasi udara terganggu.

Solusi mengatasi kondisi ini dengan melakukan pengecekan menyeluruh pada unit chiller. Apa ada komponen yang bermasalah? Saat masalah kerusakan ditemukan, teknisi bisa segera memperbaikinya.

  • Kebutuhan ruang penyimpanan peralatan AHU

Problem lain yang sering dialami chiller AHU adalah ruang penyimpanan peralatan yang kurang memadai. Berbeda dari AC konvensional, AHU membutuhkan ruang lebih banyak untuk instalasinya.

  • Tata letak ruangan

Selanjutnya adalah interior ruangan. Sirkulasi udara AHU bisa berjalan dengan lancar dan terarah jika interior ruangan sudah didesain secara optimal. Sebaliknya chiller tidak bisa mendinginkan udara dengan baik jika desain interiornya saja tidak memenuhi standar.

Itulah beberapa hal unik yang bisa Anda temukan tentang AHU. AHU merupakan sistem chiller yang tidak bisa dipisahkan. AC AHU memiliki fungsi yang lebih besar karena bersinergi untuk menghasilkan udara dingin berkualitas.

Oleh: acwahana.com

×

Hallo!

Klik kontak Whatsapp dibawah untuk chat dengan admin AcWahana

×
preloader