Teknologi AC Chiller Anti Ledakan Pada Pabrik/ Industri

editor@acwahana on March 1, 2021

Pernahkah Anda mendengar tentang AC chiller explosion-proof? Merupakan jenis teknologi terbaru penyejuk udara yang memungkinkan menjaga ruangan dari risiko kebakaran. Terutama ruangan yang berpotensi tinggi terbakar seperti pabrik minyak bumi, pabrik kimia dan jenis pabrik lainya.

Penyebutan chiller anti ledakan bukan tanpa alasan. Perangkat ini dirancang khusus agar tahan terhadap ledakan. Ada beberapa material yang disesuaikan, otomatis antara chiller biasa dengan chiller anti ledakan memiliki beberapa perbedaan yang sangat mencolok.

Agar lebih mengenal teknologi chiller anti ledakan, simak informasi menarik berikut ini.

Mengenal teknologi AC Chiller anti ledakan

  1. Chiller dikontrol oleh mikrokomputer panel canggih

Tidak hanya menggunakan teknologi tercanggih, proses controlling perangkat pendingin juga memanfaatkan mikrokomputer panel. Teknologi ini memungkinkan chiller mengontrol suhu dengan mudah dan cepat mengikuti perintah yang diberikan. Saat suhu yang diatur kurang dingin, mikrokomputer panel akan menyesuaikan suhunya kembali.

Selain mengontrol suhu, mikrokomputer panel juga memungkinkan untuk menyingkirkan kesalahan unit pendingin. Mengingat kesalahan sekecil apa pun akan mempengaruhi kualitas udara dan kinerja chiller.  Membuat perangkat tidak bekerja secara maksimal.

2. Sekrup chiller anti ledakan

Ada beberapa chiller anti ledakan salah satunya seri kompresor sekrup chiler. Produk ini tidak hanya disetting tahan terhadap api dan ledakan tapi juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan kapasitas energi yang digunakan.

Sehingga energi yang dipakai bisa dimanfaatkan secara optimal. Tidak terbuang secara percuma. Energi listrik yang digunakan untuk mengoperasikan mesin bisa lebih terarah. Udara yang didistribusikan pun mencakup seluruh ruangan.

3. Dilengkapi unit perlindungan tambahan

Apa itu chiller tahan api? Merupakan teknologi mesin pendingin yang tidak mudah terbakar meski berada di lingkungan bersuhu tinggi. Disebut demikian karena chiller tersebut telah didukung dengan unit perlindungan tambahan.

Di antaranya adalah perlindungan overload, perlindungan tekanan tinggi dan rendah, pengecekan suhu dan sebagainya. Perlindungan tambahan membuat chiller bekerja lebih keras sekaligus terhindar dari risiko ledakan.

4. Pemanfaatan sistem kontrol listrik anti ledakan

Sistem yang dimanfaatkan pada chiller anti ledakan adalah sistem kontrol listrik yang juga disetting anti api. Sistem seperti ini sebenarnya telah diterapkan oleh berbagai perusahaan baik di Asia maupun seluruh dunia. Dan diharapkan bisa digunakan secara menyeluruh di setiap industri tanah air.

Kontrol listrik anti ledakan membantu melindungi perangkat pendingin dari gangguan di sekitarnya. Sehingga chiller dapat bekerja secara optimal sepanjang hari atau selama perangkat dioperasikan.

Chiller bukan sekedar fasilitas umum tapi juga fitur penting yang harus dipenuhi tiap industri. Bukan hanya untuk memberikan kenyamanan pada karyawan saat bekerja tapi juga membantu menjaga mutu produk.

Ketika mutu produk terjaga, pendapatan yang masuk ke industri juga ikut terlindungi. Itulah informasi menarik tentang AC chiller tahan ledakan, salah satu teknologi paling mutakhir yang banyak digunakan industri belakangan ini.

Oleh: acwahana.com

×

Hallo!

Klik kontak Whatsapp dibawah untuk chat dengan admin AcWahana

×
preloader