Kontraktor AC

Tentang Desain dan Mekanisme Kerja AC FCU

editor@acwahana on February 10, 2021

Di saat gedung bangunan menggunakan chiller sebagai mesin pendingin, secara otomatis juga akan menginstal AC FCU sebagai mesin pelengkapnya. FCU atau fan coil unit nantinya  bekerja bersama-sama dengan chiller untuk menghasilkan udara dingin. Beberapa orang berpendapat, jika prinsip kerja FCU jauh lebih ekonomis dibanding AHU.

Apa itu AC FCU sebenarnya?

Yang dimaksud dengan FCU adalah unit sederhana yang berfungsi untuk controlling suhu ruangan. FCU terdiri atas kipas dan coil yang dikendalikan oleh thermostat. Sementara itu, dengan bantuan katup kontrol thermostat bekerja secara konstan mengendalikan kecepatan kipas sehingga suhu dalam ruangan tetap terkontrol.

Melihat cara kerjanya yang mudah dan sederhana, banyak gedung  komersial, industri hingga bangunan perumahan yang beralih dari mesin AHU ke FCU. Fleksibilitas mesinnya membuat FCU lebih gampang diinstall daripada VAV. Yang lebih menarik, FCU bisa diinstal di langit-langit atau di atas permukaan lantai.

Tentang desain dan mekanisme kerja FCU

Apa itu FCU telah dijelaskan secara sederhana di atas, selanjutnya Anda perlu mengenal bagaimana mekanisme kerja perangkatnya berikut tipe desainnya. Bicara tentang tipe atau desain FCU, perangkat ini terdiri dari 2 tipe utama. Kedua tipe dibedakan berdasarkan pada pemasangan kipasnya:

  1. Draw Through

Pada FCU tipe draw through, kipas sengaja dipasang di bagian depan coil unit. Tujuannya supaya udara bisa mengalir lebih fleksibel dari berbagai perangkat mesin yang bekerja bersama-sama dengan unit tersebut.

2. Blow Through

Kebalikan dari tipe sebelumnya, blow through menggunakan kipas yang diinstal di bagian belakang dari heat exchanger. Kipas tersebut terdiri dari satu set yang sengaja dipasang dengan baut pada coil.

Dari segi harga, tipe blow through diyakini jauh lebih terjangkau harganya. Namun dari segi mutu dan kualitas fungsi, FCU tipe draw through dinilai jauh lebih baik.

Selain diklasifikasikan dari instalasi kipas yang berbeda, tipe FCU juga dikelompokkan berdasaran pada jumlah pipanya.

  • Dua Pipa

Unit coil ini memiliki dua pipa yang sengaja dipasang mengikuti prinsip kerjanya. Pipa tersebut terdiri atas satu unit pipa suplai dan satu unit pipa balik. Mekanisme kerja pipa suplai dengan cara menyalurkan air dingin atau kalor menyesuaikan dengan intensitas waktunya.

  • Empat Pipa

Terdiri dari dua unit pipa balik dan dua unit pipa suplai. Karena beberapa alasan, baik industri komersial maupun gedung bangunan lainnya lebih suka instalasi empat pipa ini.

Di gedung pencakar langit, FCU biasanya diinstal bertumpuk secara vertikal. Berbeda dari pemasangan di perumahan besar yang dilakukan di langit-langit. Bagaimana pun cara instalasinya, FCU hanya bisa bekerja secara optimal jika dioperasikan dengan benar oleh tenaga profesional.

Demikianlah informasi menarik seputar FCU salah satu perangkat penting dalam konstruksi mesin pendingin. Apa dan bagaimana AC FCU bekerja untuk mendinginkan ruangan memang selalu menarik untuk dibahas, bukan?

Oleh: acwahana.com

×

Hallo!

Klik kontak Whatsapp dibawah untuk chat dengan admin AcWahana

×
preloader