Kontraktor AC

Ukuran AC AHU Ducting dan Cara Perhitungannya

editor@acwahana on February 12, 2021

Selain mengetahui material AC AHU ducting, mereka yang bekerja di jasa instalasi AC umumnya juga mempelajari ukurannya. Dengan demikian, mereka bisa memasang AC dengan baik dan tepat sesuai dengan kebutuhan ruangan. Tidak melakukan kesalahan sepele yang dapat mempengaruhi distribusi udara dingin.

Ukuran AC AHU ducting

Ada beberapa material yang umum digunakan untuk membuat AC ducting di antaranya glasswool, aluminium foil dan lainnya. Material ini digunakan untuk membungkus ducting AC. Sedangkan untuk bagian indoor AC, perusahaan umumnya menggunakan dua jenis material seperti glasswool dan glass cloth.

Tujuan utama penggunaan dua material tersebut untuk meredam suara bising AC. Sehingga saat AC dinyalakan, tidak muncul suara bising atau getaran yang mengganggu. Lantas, apa material yang dimanfaatkan guna membuat ducting?

Jenis materialnya sangat bervariasi, mulai dari PVC, BJLS, PU, maupun mild steel. AC yang dibuat dari material utama PU umumnya tidak membutuhkan lapisan terluar.  Salah satu kelebihan dari PU adalah ketersediaan beragam ukuran di pasaran. Tidak sulit bagi Anda untuk menemukan ukuran yang tepat jika memakai PU sebagai bahan utamanya.

Cara menghitung ukuran ducting AC

Apa manfaat mengetahui cara menghitung ukuran AC ducting AHU?  Manfaat utama yang bisa Anda rasakan adalah penyesuaian anggaran. Dengan mengetahui ukuran ducting AC yang dibutuhkan otomatis Anda bisa memperkirakan harga instalasi.

Berikut ini tata cara mengukur ukuran ducting AC yang baik dan benar:

  1. Hitung titik supply

Pertama-tama, silakan Anda hitung terlebih dahulu titik supply. Berapa besar titik supply yang Anda butuhkan guna memasang penyejuk udara? catat baik-baik perhitungannya di notes.

2. Tentukan air velocity

Selain menghitung titik supply, Anda juga diwajibkan untuk mengetahui besaran air velocity. Contohnya 1000 feet per menit.

3. Buat desain line ducting

Sebelum menyerah dan memilih menghubungi jasa pemasangan AC profesional. Lanjutkan pengukuran AC ducting dengan membuat desain line ducting. Silakan Anda buat desain sesuai kebutuhan ruangan di dalam gedung bangunan.

4. Buat size ducting

Keempat, silakan Anda buat ukuran ducting yang nantinya akan digunakan pada titik suplai.

5. Jumlah volume

Sebelum sampai pada tahap akhir perhitungan ukuran ducting AC, Anda wajib mengetahui jumlah volume udaranya terlebih dahulu. Jumlah volume udara mulai dari 2 titik, lakukan terus hingga selesai.

6. Mulai hitung ukuran ducting AC

Dan terakhir, silakan jumlahkan volume udara untuk mendapat perhitungan ducting AC yang tepat.

Melihat panduan cara perhitungan ukuran AC ducting di atas, yakinkah Anda mampu melakukannya seorang diri? Jika Anda merasa mampu, silakan mencoba tutorial tersebut. Namun jika tidak bisa melakukannya, janganlah paksakan diri.

Gunakan saja jasa instalasi AC untuk memasang ducting AC di gedung Anda. Pemasangan AC AHU ducting bisa berjalan lancar atau terhambat tergantung perhitungan ukuran ducting yang telah Anda selesaikan.

Oleh: acwahana.com

×

Hallo!

Klik kontak Whatsapp dibawah untuk chat dengan admin AcWahana

×
preloader